Pages

Jumat, 11 Februari 2011

Apa itu Web Science ??

                Web atau sering kita sebut WWW (World Wide Web) dicetuskan oleh seorang yang berkebangsaan Inggris bernama Sir Tim Berners-Lee. Ia merupakan lulusan Universitas Oxford, Inggris, pada tahun 1989. Web yang dia ciptakan merupakan sebuah internet berbasis hypermedia inisiatif untuk berbagi informasi global, sementara di CERN, European Particle Physics Laboratory. Dia menulis web pertama klien dan server pada tahun 1990. Spesifikasi nya URI, HTTP dan HTML yang halus sebagai teknologi Web menyebar.
            Sir Tim Berners-Lee mengungkapkan kekhawatirannya soal dunia web. Dia cemas karena popularitas dunia maya kerap dimanfaatkan untuk menyebarkan beragam kebohongan, hoax pun juga mitos sesat.Berkenaan dengan fenomena tersebut, Sir Tim pun mengemukakan bahwa situs-situs internet harus bisa dipercaya. Ia menyarankan diterapkannya sebuah sistem pelabelan tertentu yang bisa menjamin kredibilitas website internet. Pengakses internet pun diharapkan bisa memilah informasi yang salah dan mana yang benar.




        Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat.

       Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.

        Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.

       Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.

created by :Firmansyah Pratama ; Gunadarma University ; Tek.informatika.;NpM:52409080

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Mengujungi Blog saya

Semoga Bermanfaat dan Bisa menjadi Panutan dari diri anda maupun orang lain yang anda kenal

Terima Kasih dan Salam Hellow :D