Pages

Rabu, 10 April 2013

3. KLASIFIKASI SOFTWARE AGENT


3.1. Klasifikasi Software Agent Menurut Karakteristik Yang Dimiliki
Pada bagian ini akan menjelaskan klasifikasi software agent yaitu Mobile Agent. Mobile agent adalah agen yang aktif dan dapat bergerak menuju komputer lain, atau mejelajahi jaringan untuk menjalankan tugasnya. Mobile agent sering digunakan untuk mengumpulkan data, informasi atau suatu perubahan.

            Mobile agent tidak terikat pada sistem dimana ia mulai dieksekusi. Mobile agent mempunyai kemampuan unik untuk memindahkan dirinya sendiri dari satu sistem ke sistem yang lain dalam suatu jaringan. Kemampuan untuk berkeliling memungkinkan Mobile agent untuk berpindah ke sistem yang mengandung obyek yang akan berinteraksi dengan agen dan kemudian mengambil manfaat selama berada dalam host dan jaringan yang sama dengan obyek .

Secara praktis dapat dikatakan bahwa Mobile agent adalah sebuah program yang dapat menghentikan eksekusi, berjalan melalui jaringan dengan membawa kode dan state-nya, dan kemudian melanjutkan eksekusinya pada host yang lain.Aglets merupakan contoh perangkat lunak yang memungkinkan pengembangan dan penerapan mobile agents ini .

Beberapa penerapan dari Mobile agent: Pengumpulan data, pencarian dan penyaringan, pemantauan asinkron, dan pemrosesan paralel.
Teknik klasifikasi agent menurut karakteristik dipelopori oleh Nwana. Menurut Nwana, agent bisa diklasifikasikan menjadi delapan berdasarkan pada karakteristiknya.
1.      Collaborative Agent: Agent yang memiliki kemampuan melakukan kolaborasi dan koordinasi antar agent dalam kerangka Multi Agent System (MAS).
2.      Interface Agent: Agent yang memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan user, melakukan fungsi monitoring dan learning untuk memenuhi kebutuhan user.
3.      Mobile Agent: Agent yang memiliki kemampuan untuk bergerak dari suatu tempat ke tempat lain, dan secara mandiri melakukan tugas ditempat barunya tersebut, dalam lingkungan jaringan komputer.
4.      Information dan Internet Agent: Agent yang memiliki kemampuan untuk menjelajah internet untuk melakukan pencarian, pemfilteran, dan penyajian informasi untuk user, secara mandiri. Atau dengan kata lain, memanage informasi yang ada di dalam jaringan Internet.
5.      Reactive Agent: Agent yang memiliki kemampuan untuk bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dimana dia berada.
6.      Hybrid Agent: Kita sudah mempunyai lima klasifikasi agent. Kemudian agent yang memiliki katakteristik yang merupakan gabungan dari karakteristik yang sudah kita sebutkan sebelumnya adalah masuk ke dalam hybrid agent.
7.      Heterogeneous Agent System: Dalam lingkungan Multi Agent System (MAS), apabila terdapat dua atau lebih hybrid agent yang memiliki perbedaan kemampuan dan karakteristik, maka sistem MAS tersebut kita sebut dengan heterogeneous agent system.

3.2. Klasifikasi Software Agent Menurut Lingkungan Dimana Dijalankan
Caglayan membuat suatu klasifikasi yang menarik mengenai agent, yang berdasar kepada lingkungan (environment) dimana agent dijalankan.
Dari sudut pandang dimana dijalankan, software agent bisa diklasifikasikan sebagai desktop agent, internet agent dan intranet agent. Lebih jelasnya, daftar dibawah menguraikan klasifikasi tersebut secara mendetail.
1. Desktop Agent: Agent yang hidup dan bertugas dalam lingkungan Personal Computer (PC), dan berjalan diatas suatu Operating System (OS). Termasuk dalam klasifikasi ini adalah:
· Operating System Agent
· Application Agent
· Application Suite Agent
2. Internet Agent: Agent yang hidup dan bertugas dalam lingkungan jaringan Internet, melakukan tugas memanage informasi yang ada di Internet. Termasuk dalam klasifikasi ini adalah:
· Web Search Agent
· Web Server Agent
· Information Filtering Agent
· Information Retrieval Agent
· Notification Agent
· Service Agent
· Mobile Agent
3. Intranet Agent: Agent yang hidup dan bertugas dalam lingkungan jaringan Intranet, melakukan tugas memanage informasi yang ada di Intranet. Termasuk dalam klasifikasi ini adalah:
· Collaborative Customization Agent
· Process Automation Agent
· Database Agent
· Resource Brokering Agent

Link Kelompok :

1 komentar:

Terima Kasih Sudah Mengujungi Blog saya

Semoga Bermanfaat dan Bisa menjadi Panutan dari diri anda maupun orang lain yang anda kenal

Terima Kasih dan Salam Hellow :D